Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE MUJADALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU

SHOLIKHATUL BADDRIYAH, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE MUJADALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sholikhatul Baddriyah, (2024): Pengaruh Penerapan Metode Mujadalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode mujadalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Siak Hulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design dan desain penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siak Hulu yang berjumlah 185 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA yang berjumlah 63 terbagi dari dua kelas yaitu 29 siswa kelas XII MIPA 2 sebagai eksperimen dan 34 siswa kelas XII MIPA 3 sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penerapan metode mujadalah dengan metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siak Hulu. Dibuktikan dengan nilai = 3,181 lebih besar dari = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan nilai sig (2-tailed) < α (0,002 < 0.05). Hasil mean skor kelas eksperimen 79,05 lebih tinggi dari kelas kontrol 74,33. Kata Kunci: Metode Mujadalah, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIDRIS, -2004057601Idrisharun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:37
Last Modified: 11 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81354

Actions (login required)

View Item View Item