WAFIQ AZIZAH SOLIFAH HSB, - (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PADANG LAWAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI WAFIQ AZIZAH SOLIFAH HSB watermark.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (643kB) |
Abstract
ABSTRAK Wafiq Azizah Solifah (2024) : Implementasi Supervisi Klinis Kepala Madrasah di MAN 1 Padang Lawas Penelitian ini mengkaji tentang implementasi supervisi klinis kepala madrasah di MAN 1 Padang Lawas. Tujuannya untuk mengetahui 1) tahapan tahapan supervisi di MAN 1 Padang Lawas 2) kendala dan solusi supervisi klinis yang dilakukan kepala madrasah di MAN 1 Padang Lawas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam hal ini subyek penelitiannya yaitu: kepala madrasah, dan guru di MAN 1 Padang Lawas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa : 1) tahapan supervisi klinis yang dilakukan kepala madrasah yaitu pertama tahap perencanaan, pada tahap ini yang dilakukan kepala madrasah adalah dengan merancang apa yang ingin disupervisi sesuai dengan kebutuhan dan keperluan guru guru dengan melibatkan bagian kurikulum dan beberapa guru. Kedua observasi, yaitu dengan datang keruangan- ruangan kelas untuk melihat kegiatan pembelajaran dikelas. Ketiga tahap pertemuan akhir atau evaluasi, yaitu tahapan yang dilaksanakan oleh supervisor dan guru yang disupervisi setalah melakukan tahapan observasi untuk mengevaluasi atau mengulas dan mendiskusikan hasil dari tahapan observasi yang telah dilaksanakan. Data hasil observasi harus diusahakan dianalisis dan diinterpretasikan dengan baik dan disampaikan secara kooperatif agar mencapai tujuan dari tahap terakhir ini. 2) kendala dan solusi supervisi klinis yang dilakukan kepala madrasah secara umum yaitu waktu, sarana prasarana, kurangnya guru dalam mata pelajaran umum dan faktor ekonomi dan solusi yang diberikan kepada guru dengan diadakan rapat dewan guru. Penerapan peraturan madrasah dan bagi guru kurang dalam segi ekonomi maka kepala madrasah memberikan jam tambahan. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya implementasi supervisi klinis kepala madrasah ini dapat meningkatkan produktifitas dan motivasi kerja guru serta dapat meningkatkan profesionalisme guru yang lebih baik. Kata Kunci : Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:52 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:54 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81307 |
Actions (login required)
View Item |