Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE SAMA’IAH SYAFAWIYYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA MTS MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

RISMA YANTI, - (2024) PENGGUNAAN METODE SAMA’IAH SYAFAWIYYAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA MTS MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISMA YANTI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Risma Yanti, (2024) : Penggunaan Metode Sama’iah Syafawiyyah Pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Metode Sama’iah Syafawiyyah Pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Metode Sama’iah Syafawiyyah pada pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, serta wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas 8 di MTs Hasanah Pekanbaru dengan sample siswa kelas 8 A dan 8 B. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 8 A dan 8 B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan wawancara ke narasumber. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Sama’iah Syafawiyyah dapat meningkatkan hasil nilai pembelajaran Bahasa Arab bagi siswa MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan nilai rata rata sebesar 85.00. hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : (1) Verbal : guru menggunakan Metode Sama’iah Syafawiyyah menggunakan Bahasa Arab yang mudah dipahami siswa. (2) Intelektual : kemampuan berpikir kritis guru, misalnya guru mempunyai pengetahuan mengevaluasi proses pembelajaran dengan baik. (3) Kognitif : Kemampuan guru mendorong siswa untuk mendiskusikan materi yang telah disampaikan (4) Sikap : Guru mampu memberikan kenyamanan dalam pengajaran bahasa Arab sehingga siswa benar-benar menyukai pembelajaran bahasa Arab (5) Keterampilan Motorik : Guru mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk menampilkan hasil pemahamannya terhadap materi yang diajarkan dalam bentuk permainan. Kata kunci : Metode Sama’iah Syafawiyyah, MTs Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisor-, Muhammad Khalilullah-m.khalilullah@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:39
Last Modified: 11 Jul 2024 02:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81304

Actions (login required)

View Item View Item