Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

ANISA, - (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING TERINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANISA.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anisa, (2024) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing Terintegrasi Keislaman Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing terintegrasi keislaman yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Qasimiyah pada semester genap Tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Qasimiyah yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, dengan validitas 92,47% dan sangat praktis, dengan praktikalitas 89,93%. Selanjutnya, LKS dinyatakan efektif berdasarkan uji Mann Whitney U, dengan nilai Z_hitung=5,82≥ Z_tabel=1,96. Artinya terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan LKS dan siswa yang tidak menggunakan LKS. Oleh karena itu, LKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Terintegrasi Keislaman, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorISMAIL MULIA HASIBUAN2028088101imhasibuan@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 04:30
Last Modified: 11 Jul 2024 04:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81276

Actions (login required)

View Item View Item