TIWA JUNIO INDRAWAN, - (2024) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH SUNGAI UNDAN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI TIWA JUNIO INDRAWAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
Abstract
ABSTRAK MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH AL ISLAMIYAH SUNGAI UNDAN INDRAGIRI HILIR Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Manajemen Kepemimpinan Kepalah Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidikan Di Madrasah Aliyah Al Islamiyah Sungai Undan Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari dua informen,yaitu informan Utama dan Pendukung. Informan Utama 1 orang kepala sekolah, Informen Pendukung 1 Orang Waka Kurikulum dan 3 Orang Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara, Observasi dan dokumentasi kemudian teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian diperoleh (1) Manajemen Kinerja Guru di Madrasah Aliyah al Islamiyah Sungai Undan Indragiri Hilir dilakukandalam empat tahap yaitu, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanajut peningkatatan kinerja guru. Upaya peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Al Islamiyah diawali dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, sedangkan kegiatan yang dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja guru adalah dengan cara melakukan kegiatan Kelompok Kerja Guru, Pendalaman IT, IHT pengembangan RPP Keterampilan, penguatan pendidikan karakter (PPK) serta mengikutsertakan para guru dalam kegiatan pembinaan personal tenaga pendidik /kependidikan dan workshop/ Bimtek yangdiadakan oleh pemerintah. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi tenaga pendidik berupa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu kemampuan kepala sekolah yang baik, Sedangkan faktor penghambat implementasi tenaga pendidik yaitu kurang mampunya kepala sekolah dalam melakukan pengelolaan tenaga pendidik, kompetensi tenaga pendidik yang tidak sesuai dengan keilmuannya dan kebutuhan sekolah. Kata Kunci: Manajemen kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:43 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:43 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81233 |
Actions (login required)
View Item |