Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU

KHUSNUL KHOTIMAH RITONGA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD IT AL-IZHAR SCHOOL PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Khusnul Khotimah Ritonga (2024): Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerja sama siswa melalui penerapan model pembelajaran think talk write di kelas V SDIT Al-Izhar School Pekanbaru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya satu orang guru dan 27 siswa sementara objeknya adalah model pembelajaran think talk write dan keterampilan kerja sama. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan kerja sama siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melaui model pembelajaran think talk write. Sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan kerja sama siswa hanya 48,14 dengan kategori kurang. Setelah dilakukannya tindakan perbaikan pembelajaran melalui model pembelajaran think talk write pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 66,78 dengan kategori kurang, dan pada siklus II 83,33 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan keterampilan kerja sama siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di SDIT Al-izhar School Pekanbaru. Kata Kunci : Keterampilan Kerja sama, Model Pembelajaran Think Talk Write

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWelli Marlisa2013049101welli@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:31
Last Modified: 11 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81226

Actions (login required)

View Item View Item