Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDIT INSAN MADANI PEKANBARU

Devi Amalia Syahputri, Devi (2023) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDIT INSAN MADANI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (897kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Self Confidence siswa melalui strategi Card Sort pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDIT Insan Madani Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Self Confidence siswa diantaranya siswa kurang keyakinan akan kemampuannya dan siswa kurang keberanian dalam bertindak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya strategi Card Sort dan Self Confidence siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa strategi Card Sort dapat meningkatkan Self Confidence siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan Self Confidence siswa hanya mencapai rata-rata 34,00% dengan kategori “Kurang” karena berada pada rentang 30%-49%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 51,52% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 50%-69%, dan pada siklus II menjadi 76,56% dengan kategori “Baik” karena pada rentang 70%-89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi Card Sort dapat meningkatkan Self Confidence siswa pada muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDIT Insan Madani Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMardia Hayati, -2015107201-
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, Self Confidence
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:30
Last Modified: 10 Jul 2024 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81197

Actions (login required)

View Item View Item