-, Alji Ridwan Syah Alam
(2024)
ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS APLIKASI E-WALLET BERDASARKAN PENGALAMAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE UEQ.
Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi, 7 (2).
pp. 506-519.
ISSN 2654-3788
Abstract
Dengan kemajuan teknologi, pembayaran yang awalnya menggunakan uang tunai kini telah beralih ke uang digital melalui dompet digital. Pada tahun 2023, Go-Pay dan OVO menjadi pemimpin dalam pasar e-wallet. Dalam persaingan ketat ini, pengguna seringkali mengalami berbagai masalah, di antaranya fitur aplikasi yang bermasalah, fitur yang hilang atau terhapus, serta seringnya pembaruan aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pengalaman pengguna pada kedua aplikasi Go-Pay dan OVO menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Kuesioner UEQ memiliki 26 item pertanyaan dengan 6 skala yang dibagikan kepada 100 orang pengguna Go Pay dan OVO yang berada di Pekanbaru. Hasil dari kedua aplikasi tersebut ditemukan perbedaan yang signifikan pada beberapa skala rata-rata (mean), misalnya variabel Efficiency, dan Stimulation pada aplikasi Go-Pay termasuk kategori above average, aplikasi OVO hanya termasuk pada kategori below average, sedangkan pada variabel Attractiveness, Perspicuity Novelty, dan Dependability tidak terlalu signifikan perbedaan rata-rata (mean) pada kategori below average, namun tetap saja aplikasi OVO lebih banyak membutuhkan peningkatan di setiap skala aspeknya, karena jika dibandingkan dengan aplikasi Go-Pay, aplikasi OVO masih menunjukkan perbedaan pada skala UEQ.
Actions (login required)
|
View Item |