PENGARUH PENATAAN (DISPLAY) PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR BUAH PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Wan Renny Abzalita, (2014) PENGARUH PENATAAN (DISPLAY) PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR BUAH PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena konsumen yang ingin berbelanja di suatu swalayan, mereka ingin dimudahkan dalam pencarian produk. Jadi penataan produk harus bisa membantu dan konsumen dalam pencarian barang sehingga menarik minat belinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara display produk terhadap minat beli konsumen dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang hubungan antara display dengan minat beli. Penelitian ini dilakukan di Pasar Buah Pekanbaru Jl. Jendral Sudirman No. 90-98 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen di Pasar Buah Pekanbaru tahun 2014. Sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan metode Accidental Sampling sebanyak 50 orang. Dalam melakukan penelitian ini dipakai metode kuantitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan mengajukan kuisioner kepada konsumen yang telah berbelanja di Pasar Buah Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sedang antara variabel display terhadap minat beli konsumen pada Pasar Buah Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,443. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dikatakan datanya valid dan instrumennya reliabel. Dari hasil analisis regresi sederhana diketahui bahwa 19,6% minat beli konsumen Pasar Buah Pekanbaru dipengaruhi penataan (display). Selanjutnya menggunakan uji t, maka hipotesis yang didapat ialah terdapat pengaruh display yang signifikan terhadap minat beli konsumen. Kesimpulannya bahwa display berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Pasar Buah Pekanbaru. Penataan produk yang diterapkan menurut Ekonomi Islam sudah membantu dan memudahkan konsumen karena pihak penjual sudah melayani konsumennya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 03 Oct 2016 06:58
Last Modified: 03 Oct 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/8114

Actions (login required)

View Item View Item