Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Coturnix coturnix japonica)

FATMA AYUNI, - (2024) PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Coturnix coturnix japonica). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRISPI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PEMANFAATAN TEPUNG BEKICOT SEBAGAI SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Coturnix cortunix japonica) Fatma Ayuni (11880123373) Dibawah bimbingan Muhamad Rodiallah dan Dewi Febrina INTISARI Burung puyuh merupakan salah satu komoditi unggas dari Genus Coturnix yang dapat dimanfaatkan sebagai penghasil telur dan daging. Bekicot atau Achatina fulica yang berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia merupakan hewan sumber protein yang relatif murah dan mudah diperoleh, tepung bekicot mengandung protein kasar (56,10%) dan kandungan serat kasar rendah (0,08%) sehingga penggunaanya sangat baik untuk pakan unggas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung bekicot sebagai substitusi tepung ikan dalam ransum terhadap, bobot telur, konsumsi ransum puyuh dan konversi ransum puyuh. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juli - Agustus 2023 di kandang percobaan ternak, UARDS (UIN Agricultural Research and Development Station) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri atas 4 perlakuan 5 ulangan, dengan masing-masing kandang ditempati 5 ekor puyuh. Parameter yang diamati adalah konsumsi ransum, konversi ransum dan bobot telur puyuh. Hasil penelitian menunjukkan substitusi tepung ikan dengan tepung bekicot hingga 15% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum (19,77-20,72 g/ekor/hari), konversi ransum (1,92-2,02) dan bobot telur puyuh (10,04-10,78 g/butir). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan substitusi tepung bekicot hingga level 15% dalam ransum basal puyuh petelur dapat mempertahankan konsumsi ransum, bobot telur dan konversi ransum. Kata kunci : Tepung bekicot, telur puyuh, tepung ikan, produktivitas, substitusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRODIALLAH S.Pt., M. Si, -2016128301muhamad.rodiallah@uin-suska.ac.id
Thesis advisorDr. DEWI FEBRINA S. Pt., M.P., -2002027301hanna_suska@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:13
Last Modified: 10 Jul 2024 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81103

Actions (login required)

View Item View Item