Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK 2 MUHAMMADIYAH PEKANBARU

Nurul Zahrotunnisa’, Nurul (2024) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK 2 MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya siswa-siswi yang melakukan perilaku seperti mengejek, menunjukkan jari tengah ke orang lain, memukul tanpa sebab, memanggil teman dengan nama selain nama aslinya bahkan ada yang memanggil temannya dengan melihat fisik temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdsasan spiritual dengan perilaku bullying siswa di SMK Muhammdiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah 1.039 siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Sampel berjumlah 96 orang yang ditetapkan dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan model skala likert. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi sederhana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan spiritual dengan perilaku bullying nilai korelasi -0,339 yang berkorelasi negatif dan memiliki taraf signifikansi 0,00 < 0,05. Sedangkan dalam analisis determinan didapatkan hasil r square adalah 0,115 atau sama dengan 11,5%. Oleh karena itu, Ha diterima. Artinya adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan perilaku bullying siswa di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Maka semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa maka akan semakin rendah perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorALFIAH2021066801alfiah@uin-suska.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Perilaku Bullying
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:11
Last Modified: 10 Jul 2024 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81041

Actions (login required)

View Item View Item