Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PEMBACAAN AYAT-AYAT PILIHAN DALAM KITAB “MAULID” SIMTUDDUROR PADA MAJELIS TA’LIM FAIZHUL HAQ DI DESA SURADITA TANGERANG (STUDI LIVING QUR’AN)

RAHMAD JUNAIDI, - (2024) PELAKSANAAN PEMBACAAN AYAT-AYAT PILIHAN DALAM KITAB “MAULID” SIMTUDDUROR PADA MAJELIS TA’LIM FAIZHUL HAQ DI DESA SURADITA TANGERANG (STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang Majelis Ta’lim Faizhul Haq di Desa Suradita Kabupaten Tangerang (Studi Living Quran Surah Pilihan di Kitab “Maulid” Simtuddor). Terkait dengan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan tradisi “Maulid” Simtudurror di Desa Suradita, Kabupaten Tangerang. Dan untuk Mendeskripsikan tentang pemahaman masyarakat Desa Suradita, Kabupaten Tangerang terhadap pembacaan kitab “Maullid” Simtudurror. Metode tafsir yang digunakan ialah metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian Living Qur’an ini adalah pendekatan fenomenologi. Setelah dilakukan analisis, penulis menemukan bahwa pelaksanaan pembacaan “Maulid” simtuddurror surah pilihan (Surah Al-Ahzab) di kitab “Maulid” simtuddurror. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembacaan “Maulid” simtuddurror dilakukan oleh masyarakat pada setiap seminggu sekali dengan ketetapan waktu pada setiap malam jum`at setelah shalat isya, tepatnya acara tersebut dimulai dari jam 09.00 sampai 11.00. Dan membaca kitab “Maulid” Simtudduror bukan hanya sekedar membaca shalawat, akan tetapi jamaah juga memperingati dan membaca sejarah atau riwayat hidup Nabi Muhammad SAW. Kata Kunci: Maulid, Simtudduror, dan Living Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFikri Mahmud2001016802fikrimahmud@gmail.com
Thesis advisorWilaela2002086801wilaela@yahoo.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:45
Last Modified: 09 Jul 2024 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/81006

Actions (login required)

View Item View Item