Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM) UNTUK PERAMALAN HASIL PRODUKSI PADI

Indah Wulandari, - (2024) PENERAPAN METODE LONG SHORT-TERM MEMORY (LSTM) UNTUK PERAMALAN HASIL PRODUKSI PADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
Indah Wulandari (12050120353) - (BAB 4) Penerapan Metode LSTM Untuk Peramalan Hasil Produksi Padi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img]
Preview
Text
Indah Wulandari (12050120353) - (Kecuali BAB 4) Penerapan Metode LSTM Untuk Peramalan Hasil Produksi Padi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Padi merupakan salah satu kebutuhan pangan yang sebagian besar dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat yang berada di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil produksi padi di Kabupaten Lima Puluh Kota setiap bulannya mengalami peningkatan dan penurunan. Kebutuhan padi terus mengalami peningkatan yang disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk setiap tahunnya. Hal ini dapat menyebabkan permasalahan, sehingga peramalan hasil produksi padi setiap bulan perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan data bulan Januari 2013 hingga bulan Desember 2023 yang diperoleh dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode peramalan yang digunakan yaitu Long Short-Term Memory (LSTM) dengan variabel hasil produksi padi yang dibentuk menjadi data time series. Metode LSTM membutuhkan beberapa parameter yang sesuai untuk menghasilkan peramalan yang tepat dan akurat. Model yang dibangun dengan menggunakan parameter optimal, yaitu neuron hidden dengan jumlah 40, batch size dengan jumlah 12, maksimal epochs sebanyak 200, dan data yang tidak dilakukan proses differencing menghasilkan nilai MAPE yang lebih rendah. Hasil terbaik yang didapatkan pada penelitian ini dengan menggunakan parameter optimal yaitu nilai evaluasi Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 6.18% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Lestari Handayani, S.T., M.Kom, -1013118103lestari.handayani@uin-suska.ac.id
Thesis advisorElvia Budianita, S.T., M.Cs, -2029068601elvia.budianita@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:12
Last Modified: 09 Jul 2024 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80904

Actions (login required)

View Item View Item