MESSA SEPTIA, - (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS VIRTUAL TOUR MUSEUM PADA MATA PELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SD ISLAM AL AZHAR 54 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
Text
SKRIPSI MESSA SEPTIA.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Messa Septia, (2024): Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Virtual Tour Museum pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Penggunaan media pembelajaran pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 2) Kebutuhan media pembelajaran di kelas IV SD; 3) Spesifikasi media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum pada pelajaran IPAS di kelas IV SD; 4) Rancangan desain penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum; 5) Validitas media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum; 6) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum. Penelitian ini merupakan Research and Development model 4D. penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Dessimanate. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa dan 3 guru. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan media pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi; 2) Pembelajaran Tematik membutuhkan media pembelajaran yang bersifat interaktif; 3) Spesifikasi Media Pembelajaran berbentuk Musem Virtual dengan muatan materi yang kontekstual dan diakses menggunakan Gadget; 4) Rancangan desain produk dengan menyusun draf awal (penyusunan isi, penyuntingan gambar), dan mendesain grafika produk menggunakan website Artsteps.com, melakukan submit dan publish, menyimpan link URL museum virtual; 5) Media Pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 100% kategori Valid, bahasa dengan nilai 91,7% kategori Valid, grafika dengan nilai 92,4% kategori Valid. 6) Uji Praktikalitas dilakukan secara terbatas yang melibatkan 15 orang siswa dengan hasil 90,6% kategori Valid dan 3 orang guru dengan hasil 100% kategori Valid. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis virtual tour museum Layak digunakan di SD Islam Al Azhar 54 Pekanbaru. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Virtual Tour Museum, Penelitian Pengembangan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:17 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |