Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KAPASITAS KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENGELOLAAN UNIT SIMPAN PINJAM (USP) DI DESA KOTO PAIT BERINGIN KECAMATAN TALANG MUANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Sles Yupita, Sles (2024) KAPASITAS KELEMBAGAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM PENGELOLAAN UNIT SIMPAN PINJAM (USP) DI DESA KOTO PAIT BERINGIN KECAMATAN TALANG MUANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam melakukan pengelolaan Unit Simpan Pinjam (USP) terhadap banyak nya kredit macet yang dilakukan oleh masyarakat sebagai pemanfaat simpan pinjam. Dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam proses pengelolaan unit simpan pinjam. Teori yang digunakan untuk mengukur kapasitas suatu organisasi adalah teori Kapasitas yang ditulis oleh Milen (2001). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengurus BUMDes memiliki kapasitas yang baik, ini dilihat dari sumber daya manusia nya (SDM) memiliki pengetahuan terhadap adanya BUMDes, pemahaman terhadap tugas yang diberikan, dan kemampuan dalam menyelesaikan tanggung jawab. Banyaknya masyarakat sebagai pemanfaat simpan pinjam yang mengalami penunggakan dalam membayar angsuran menjadi faktor penghambat dalam pengelolaan unit simpan pinjam. Untuk itu Pengurus BUMDes Koto Pait Beringin diharapkan untuk lebih bijak lagi dalam melakukan pemeriksaan penerimaan calon pemanfaat simpan pinjam agar kedepannya tidak terjadi lagi penunggakan permasalahan dalam pembayaran angsuran simpan pinjam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAFRIZAL, S.Sos, M.Si, -2019046901ijalnoer69@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, BUMDes, Kredit Macet
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:20
Last Modified: 08 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80834

Actions (login required)

View Item View Item