Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KANDUNGAN NUTRISI DAN FRAKSI SERAT SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN INDIGOFERA DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

CAMAY PUTRI ZUANZAH, - (2024) KANDUNGAN NUTRISI DAN FRAKSI SERAT SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN INDIGOFERA DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV CAMAY PUTRI ZUANZAH.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV CAMAY PUTRI ZUANZAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

KANDUNGAN NUTRISI DAN FRAKSI SERAT SILASE RUMPUT ODOT (Pennisetum purpureum CV. MOTT) DAN INDIGOFERA DENGAN RASIO DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA Camay Putri Zuanzah (12080120927) Di bawah bimbingan Jepri Juliantoni dan Eniza Saleh INTISARI Hijauan merupakan pakan ternak ruminansia yang dapat berupa rumput-rumputan dan leguminosa. Pada prinsipnya hijauan yang disajikan pada ternak perlu memiliki sifat-sifat yaitu disukai, mudah dicerna dan nilai gizinya tinggi. Silase merupakan pengawetan hijauan berdasar pada fermentasi oleh bakteri dalam kondisi anaerob. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas nutrisi dan fraksi serat silase rumput odot dan indigofera dengan lama penyimpanan berbeda. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan November – Desember 2023 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Laboratorium Nutrisi Ternak Perah, Fakultas Peternakan, IPB University, Bogor. Penelitian ini menggunakan 18 sampel dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial. Faktor A yaitu rasio terdiri dari A1 (100% indigofera), A2 (50% indigofera + 50% rumput odot), A3 (100% rumput odot) dan Faktor B yaitu lama penyimpanan yang terdiri dari B1 (0 hari), B2 (7 hari), B3 (14 hari) dengan masing-masing 2 ulangan. Parameter yang diukur adalah kandungan bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu, NDF, dan hemiselulosa. Hasil penelitian menunjukkan interaksi yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu, NDF, dan hemiselulosa. Rasio yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu, NDF, dan hemiselulosa. Lama penyimpanan yag berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, abu, NDF, dan hemiselulosa. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah pada perlakuan A1B2 karena menghasilkan nilai PK (22,72%) yang tinggi dan SK (13,31%) yang rendah. Kata kunci: Nutrisi, silase, rumput odot, indigofera, fraksi serat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJepri Juliantoni2013079001jeprijuliantoni@ymail.com
Thesis advisorEniza Saleh0006095908eniza_saleh@yahoo.com
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:08
Last Modified: 08 Jul 2024 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80796

Actions (login required)

View Item View Item