Nurjannah, - (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurjannah (2024): Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya ingat siswa dalam pembelajaran IPS, diantaranya ketika siswa menjawab pertanyaan lisan ataupun tulisan, masih terdapat siswa yang mengalami kesalahan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi exsperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII 2 sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 29. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test yaitu dengan perhitungan thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (4,475 > 1,672) diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 dan nilai sig. 0,05 (0,00< 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa diperoleh dari hasil uji Effect Size yang menunjukkan model pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh terhadap daya ingat siswa sebesar 3, 20, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci : Mind Mapping, Daya Ingat Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:49 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80786 |
Actions (login required)
View Item |