Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru

Nurjannah, - (2024) Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

ABSTRAK Nurjannah (2024): Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Daya Ingat Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTs Hasanah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya ingat siswa dalam pembelajaran IPS, diantaranya ketika siswa menjawab pertanyaan lisan ataupun tulisan, masih terdapat siswa yang mengalami kesalahan dalam menjawab pertanyaan tersebut. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi exsperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru. Sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII 2 sebagai kelas kontrol dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 29. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test yaitu dengan perhitungan thitung > ttabel baik taraf signifikan 5% maupun 1% (4,475 > 1,672) diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 dan nilai sig. 0,05 (0,00< 0,05), artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa diperoleh dari hasil uji Effect Size yang menunjukkan model pembelajaran Mind Mapping memiliki pengaruh terhadap daya ingat siswa sebesar 3, 20, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Mind Mapping terhadap daya ingat siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Hasanah Pekanbaru. Kata Kunci : Mind Mapping, Daya Ingat Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorH. Kusnadi2012126701kusnadiirfan@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:48
Last Modified: 09 Jul 2024 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80786

Actions (login required)

View Item View Item