Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Joyfull Learning dan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur

Nurhidayah, - (2024) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Joyfull Learning dan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah (2024) : Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Joyfull Learning dan Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran joyfull learning dan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas IV dan kelas V dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1), ada pengaruh secara parsial pada pendekatan pembelajaran joyfull learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur sebesar 2,270>2,002 dengan nilai signifikan 0,027 lebih kecil dari nilai 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji regresi berganda dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2), ada pengaruh secara parsial pada pendekatan pembelajaran ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur sebesar 8,131>2,002 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji regresi berganda dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 3), ada pengaruh secara bersama-sama (simultan) pada pendekatan pembelajaran joyfull learning dan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 9 Selatpanjang Timur sebesar 182,267>2,3,16 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai 0,05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji regresi berganda dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pendekatan Joyfull Learning, Ice Breaking, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:59
Last Modified: 04 Jul 2024 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80636

Actions (login required)

View Item View Item