Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CHATBOT MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DAN WEBUSE (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri UIN SUSKA Riau)

AZRIL HABIB MAULANA, - (2024) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CHATBOT MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DAN WEBUSE (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri UIN SUSKA Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV DAN V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB PEMBAHASAN IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI CHATBOT MENGGUNAKAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP) DAN WEBUSE (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri UIN SUSKA Riau) AZRIL HABIB MAULANA 12050215894 Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Teknik Industri adalah ilmu yang berkaitan dengan perancangan, perbaikan, dan pemanfaatan sistem melibatkan manusia, material, informasi, peralatan, dan energi. Di Laboratorium Teknik Industri UIN SUSKA Riau, banyak peralatan tidak disertai informasi memadai tentang penggunaannya. Penelitian ini bertujuan membantu dosen, mahasiswa, dan masyarakat memahami dan memanfaatkan fasilitas laboratorium. Proyek ini menghasilkan chatbot aplikasi dengan deployment Flask. Setelah dilatih 1000 epoch, chatbot menghasilkan akurasi 99,85%, menunjukkan tingkat keberhasilan tinggi. Hasil penelitian menyimpulkan pengolahan dataset 1000 epoch meningkatkan kinerja chatbot. Berdasarkan perhitungan pengujian sistem, pernyataan untuk kategori evaluasi konten, organisasi dan mudah dibaca memiliki point 0,84 dengan usability level “Excelent”, dikarenakan sebelum proses membuat website sudah dirancang dengan baik dari segi konten dan semua pengaturan yang dapat dibaca oleh user. Pernyataan untuk kategori navigasi dan link memiliki point 0,80 dengan Usability Level “Good”, dikarenakan menu dan laman yang ditempatkan pada website mudah untuk ditemukan dan dijangkau. Pernyataan untuk kategori desain tampilan interface memiliki point 0,81 dengan Usability Level “Excelent”, hal ini karena desain interface yang telah dirancang sangat presisi dan tidak terlalu banyak variasi yang berlebihan, sehingga user sangat mudah mengakses semua menu-menu yang ada pada website. Dan pernyataan untuk kategori peforma dan keefektifan memiliki point 0,83 dengan Usability Level “Excelent”, hal ini karena menu dan laman yang ada pada website mudah ditemukan dan dicari dalam jangka waktu yang sangat cepat. tentang ketersediaan dan jadwal penggunaan peralatan. Kata Kunci: Chatbot, NLP, WEBUSE

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:39
Last Modified: 04 Jul 2024 07:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80624

Actions (login required)

View Item View Item