Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERTUMBUHAN PAJAK HOTEL PASCA OPERASIONAL JALAN TOL PEKANBARU-DUMAI (Studi pada UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Mandau)

NURUL FADHILAH, - (2024) ANALISIS PERTUMBUHAN PAJAK HOTEL PASCA OPERASIONAL JALAN TOL PEKANBARU-DUMAI (Studi pada UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Mandau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PERTUMBUHAN PAJAK HOTEL PASCA OPERASIONAL JALAN TOL PEKANBARU DUMAI (Studi pada UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Mandau) Oleh: NURUL FADHILAH 12070523967 Penelitian ini bertujuan untuk bagaimanana pelayanan pembayaran pajak hotel dikota duri pasca operasional jalan tol pekanbaru-dumai dan untuk menganalisis dampak operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai terhadap pelayanan dan pertumbuhan pajak hotel di Kecamatan Mandau. Studi ini berfokus pada UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Mandau sebagai unit analisis utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Kecamatan Mandau, yang pada gilirannya berkontribusi pada pertumbuhan pendapatan pajak hotel. Selain itu, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ini mendorong perbaikan pelayanan di sektor perhotelan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas layanan yang diberikan. UPT Pendapatan Daerah Kecamatan Mandau juga terlihat lebih aktif dalam melakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap pembayaran pajak hotel, yang berkontribusi positif terhadap penerimaan pajak daerah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa operasional Jalan Tol Pekanbaru-Dumai telah memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal melalui peningkatan pendapatan pajak hotel. Namun, diperlukan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan dan pengawasan pajak untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk terus meningkatkan infrastruktur penunjang dan memperkuat sistem pengawasan pajak untuk mengoptimalkan potensi pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Kata kunci : Pelayanan, Pertumbuhan, Pajak, Hotel, Tol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMUSLIM, -2005028201,muslim.msi@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:46
Last Modified: 01 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80299

Actions (login required)

View Item View Item