Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGARUH BIG DATA TERHADAP INTENSITAS DAYA SAING DAN KINERJA UMKM MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) (Studi Kasus: UMKM Makanan dan Minuman Kota Pekanbaru)

HAMDI SAPUTRA, - (2024) ANALISIS PENGARUH BIG DATA TERHADAP INTENSITAS DAYA SAING DAN KINERJA UMKM MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) (Studi Kasus: UMKM Makanan dan Minuman Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran kecuali hasil penelitian - Hamdi Saputra.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
File Hasil Penelitian - Hamdi Saputra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANALISIS PENGARUH BIG DATA TERHADAP INTENSITAS DAYA SAING DAN KINERJA UMKM MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM) (Studi Kasus: UMKM Makanan dan Minuman Kota Pekanbaru) ……... HAMDI SAPUTRA 12050210405 Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 18 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Keadaan ekonomi negara Indonesia hingga kini masih tergolong kurang stabil. Salah satu upaya dalam mengurangi krisis ekonomi yang terjadi yaitu peran pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) mampu memberi dampak baik untuk perbaikan ekonomi suatu negara. Terdapat hampir 30.000 usaha yang terdaftar dalam berbagai sektor UMKM di Riau. Namun banyak nya UMKM makanan dan minuman menyebabkan tingkat persaingan yang besar serta kurangnya kemampuan kinerja yang baik menyebabkan banyak pelaku usaha yang hanya sekedar mencoba dan tidak bertahan lama. Ketika menghadapi tantangan ini, pemilik usaha diharapkan untuk meningkatkan produktivitas mereka dengan menggunakan teknologi atau ilmu big data sebagai strategi untuk tetap kompetitif di pasar yang sama menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat dampak pemanfaatan big data dan memberikan rekomendasi kepada UMKM. Hasil yang diperoleh yaitu hipotesis pertama mempunyai nilai koefisien jalur sebesar 0,592, nilai T statistik adalah 9,413 dan nilai P value adalah 0,000 maka Big Data memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Intensitas Daya Saing. Hipotesis kedua mempunyai nilai koefisien jalur sebesar 0,283, nilai T statistik adalah 4,431 dan nilai P value adalah 0,000 maka Big Data memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kinerja Perusahaan. Hipotesis ketiga mempunyai nilai koefisien jalur sebesar 0,631, nilai T statistik adalah 10,396 dan nilai P value adalah 0,000 maka Intensitas Daya Saing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kinerja Perusahaan. Hipotesis keempat mempunyai nilai koefisien jalur sebesar 0,373, Nilai T statistik adalah 7,556 dan nilai P value adalah 0,000 maka Big Data terhadap Kinerja Perusahaan melalui Intensitas Daya Saing memiliki pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Structural Equational Modelling, SmartPLS, Big Data, Intensitas Daya Saing, Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFFITRIANI SURAYYA LUBIS2022129002fitriani.surayya@.l@uin-suska.ac.id
Thesis advisorANWARDI1027108202anwardi@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:15
Last Modified: 27 Jun 2024 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/80043

Actions (login required)

View Item View Item