Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SIKAP KEUANGAN, EFIKASI DIRI DAN PUSAT KENDALI TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA DI KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU

ELSA ZURIANI, - (2024) PENGARUH SIKAP KEUANGAN, EFIKASI DIRI DAN PUSAT KENDALI TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN KELUARGA DI KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Manajemen Keuangan keluarga merupakan kunci dari disiplin keuangan yang dapat membantu keluarga mencapai pola keuangan yang positif dan siap melakukan pengambilan keputusan keuangan yang bertanggung jawab pada keluarga mereka saat ini maupun di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap keuangan, efikasi diri dan pusat kendali terhadap manajemen keuangan keluarga di kecamatan Binawidya kota pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripkif kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden pada rumah tangga di kecamatan Binawidya kota Pekanbaru. Sumber data yang digunakanan pada penelitian ini yakni data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial sikap keuangan, efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen keuangan keluarga, sedangkan pusat kendali tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap manajemen keuangan keluarga di Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Hasil pengujian secara Simultan pengaruh sikap keuangan, efikasi diri dan pusat kendali memiliki pengaruh Positif dan Signifikan terhadap manajemen keuangan keluarga. Koefisien Determinasi (R2 ) dengan nilai 0,573 atau 57,3% yang menunjukkan bahwa manajemen keuangan keluarga dipengaruh oleh sikap keuangan, efikasi diri dan pusat kendali secara simultan adalah sebesar 55,2%, sementara sisanya 44,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorYUSRIALIS, -2010087901yusrialis@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:56
Last Modified: 26 Jun 2024 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79953

Actions (login required)

View Item View Item