Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONTEKSTUALISASI PROGRAM UNGGULAN TAHFIZH DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

RISKA NURSIANA, - (2024) KONTEKSTUALISASI PROGRAM UNGGULAN TAHFIZH DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kontekstualisasi Program Unggulan Tahfizh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh saat ini kata tahfizh Qur’an sudah tidak asing lagi karena banyak lembaga baik formal maupun informal yang menjadikan tahfizh Qur’an sebagai program unggulannya. Apalagi sekarang sudah banyak gerakan menghafal Al-Qur’an, baik itu ayat demi ayat atau huruf demi huruf. Gerakan menghafal Al-Qur’an juga diangkat oleh lembaga pendidikan yang kini berlomba-lomba menyelenggarakan program tahfizh di sekolahnya. Dan salah satunya bentuk dari lembaga pendidikan yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontekstualisasi program unggulan tahfizh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pada kontekstualisasi program unggulan tahfizh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitatif dari model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kontekstualisasi program unggulan tahfizh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru mempunyai beberapa program unggulan seperti, jadwal kegiatan tahfizh Qur’an, strategi mendorong murraja’ah, metode tahfizh yang bervariasi, dan target hafalan sebelum dan sesudah. Selain itu, program unggulan tahfizh memiliki beasiswa tahfizh dan tes penjaringan bacaan Al-Qur’an. Adapun untuk faktor pendukung dan penghambat pada kontekstualisasi program unggulan tahfizh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yaitu faktor pendukungnya: Pimpinan, guru tahfizh, koordinator tahfizh, diri sendiri, teman, orang tua, prasarana kondusif dan metode-metode tahfizh. Sedangkan faktor penghambatnya: Malas, kurang dispilin, terlambat hadir, gadget, data absensi, dan mengelola waktu. Kata kunci: Kontekstualisasi, Program Unggulan, Tahfizh, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasyhuri Putra2022047101masyhuriumar@gmail.com
Thesis advisorUsman2026017001usman1969@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:45
Last Modified: 26 Jun 2024 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79905

Actions (login required)

View Item View Item