DICKY MAULANA AKBAR, - (2024) KOMUNIKASI INOVASI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN MANDAU DALAM MELAKUKAN LAYANAN PADA MASYARAKAT MELALUI PROGRAM MOLDUK (MOBIL ONLINE LAYANAN KEPENDUDUKAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP TANPA BAB V DICKY MAULANA AKBAR.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V HASIL PENELITIAN DICKY MAULANA AKBAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah dua kelurahan di Kecamatan Mandau, Talang Mandi dan Pematang Pudu. Kelurahan-keluraha ini telah menerapkan Program Molduk secara aktif, meskipun mereka jauh dari kantor Disdukcapil Kecamatan Mandau. Tujuannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang peran Komunikasi Inovasi Disdukcapil dalam meningkatkan layanan kependudukan di Kecamatan Mandau. Ini dicapai melalui Program Molduk, yang merupakan layanan kependudukan online yang tersedia melalui ponsel. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan tidak menggunakan data angka untuk memberikan gambaran rinci. Kami menemukan dari observasi dan wawancara yang kami lakukan dengan empat narasumber bahwa komunikasi sangat penting untuk menerapkan inovasi Disdukcapil Kecamatan Mandau. Kedua, Program Molduk berkomunikasi dengan masyarakat secara efektif melalui pertemuan komunitas, media sosial, dan pesan singkat. Terakhir, tujuan Program Molduk adalah untuk mendorong layanan kependuduan menjadi lebih cepat. Menurut hasil penelitian, Program Molduk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas layanan publik di Disdukcapil Kecamatan Mandau. Komunikasi kreatif telah terbukti sangat penting untuk meningkatkan layanan masyarakat. Program Molduk berhasil mengatasi beberapa hambatan ini dan membantu meningkatkan indikator sosial seperti partisipasi, komunikasi, layanan masyarakat, dan keterlibatan pihak terkait. Ini terjadi meskipun terdapat kendala dalam meningkatkan waktu layanan dan kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, Program Molduk menghasilkan perubahan yang positif di bidang kependudukan. Ini menunjukkan bahwa inovasi ini tidak hanya menyederhanakan proses administratif tetapi juga membentuk paradigma baru dalam memberikan layanan kependudukan yang efektif dan efisien di era digital. Kata Kunci : Komunikasi Inovasi, Layanan, Program Molduk
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2024 02:00 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2024 02:00 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79898 |
Actions (login required)
View Item |