Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH BEASISWA PRESTASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Chintia Oktaviani, Chintia (2024) PENGARUH BEASISWA PRESTASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara beasiswa prestasi terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat motivasi belajar mahasiswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa prestasi di fakultas tarbiyah dan keguruan angkatan 2019-2021 yang berjumlah 138 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai rhitung > rtabel baik dalam taraf signifikan 5% maupun 1% (0,313 > 0,167) dan (0,313 > 0,218) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara beasiswa prestasi terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Tingkat beasiswa prestasi diperoleh sebesar 09,8% sedangkan sisanya sebesar 90,2% dipengaruhi atau dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahdar Ernita2027027901-
Uncontrolled Keywords: Beasiswa Prestasi, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jun 2024 05:26
Last Modified: 20 Jun 2024 05:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79534

Actions (login required)

View Item View Item