DWI SOFIANI AZZAHRA, - (2024) PERAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA JASA LAUNDRY YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB DI KELURAHAN IV SUKU KOTA SOLOK SUMATERA BARAT BERDASAR UNDANG UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI DWI SOFIANI AZZAHRA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Sofiani Azzahra(2024): Peran Badan Penyelesaian Sengketam Konsumen terhadap Pelaku Usaha Jasa Laundry yang Tidak Bertanggung Jawab Di Kelurahan VI Suku Kota Solok Sumatera Barat Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Penelitian ini berjudul Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen terhadap Pelaku Usaha Jasa Laundry Yang Tidak Bertanggung Jawab Di Kelurahan VI Suku Kota Solok Sumatera Barat Berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana peran badan penyelesaian sengketa konsumen terhadap pelaku usaha jasa laundry yang tidak bertanggung jawab kedua apa faktor penghambat badan penyelesaian sengketa konsumen (bpsk) kota solok dalam melaksanakan tugasnya dalam menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha laundry, Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu penelitian hukum sosiologis (yuridis sosiologis). peneliti menggunakan hukum sosiologis atau (Yuridis Empiris). Dimana dalam penelitian ini dilakukan turun langsung ke lapangan dengan cara mewawancarai (interview) pelaku usaha laundry. konsumen jasa usaha laundry, pihak badan penyelesaian sengketa konsumen dan mengambil beberapa data terkait perlindungan terhadap konsumen yang diberikan oleh pihak laundry dan lembaga Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP ). Hasil penelitian masih ada pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab atas kelalainya dan tidak ingin mengganti rugi serta beritikad baik dengan konsumen yang dirugikannya serta peran badan penyelesaian sengketa konsumen juga belum terlaksana dengan baik dikarekan pelaku usaha laundry yang dilaporkan tidak mau memenuhi panggilan dari badan penyelesaian sengketa konsumen serta pihak dari BPSK pun tidak memiliki kewenangan untuk menindak lanjuti kejadian dari pelakuusaha laundry yang tidak ingin bertanggung jawab tersebut. Kata Kunci: Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, Perlindungan Konsumen,Laundry
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum 000 Karya Umum |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum | ||||||||||||
Depositing User: | fasih - | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:48 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79345 |
Actions (login required)
View Item |