AGUS MUSLIM, - (2024) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH PON-PES HASANATUL BAROKAH KABUPATEN ROKAN HULU-RIAU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
Tesis Agus Muslim.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak Agus Muslim (2024): Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Bahasa Arab Terhadap Motivasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa di Madrasah Aliyah Pon-Pes Hasanatul Barokah Kabupaten Rokan Hulu-Riau Kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional merupakan kemampuan seseorang guru dalam melaksanakan kewajibankewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. Semakin baik kompetensi profesional guru maka semakin baik pula kemampuan yang akan dimilikinya. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan adanya tujuan, motivasi siswa dalam pendidikan akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan oleh siswa, karena itulah berbagai macam cara siswa berusaha semaksimal mungkin untuk memotivasi belajarnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kompetensi profesional guru di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau. (2) mengetahui tingkat motivasi belajar di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau (3) mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 46 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi Linier Sederhana, dengan bantuan SPSS versi 23.0 for windows. Kompetensi profesional guru bahasa Arab di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau menurut peserta didik berada pada kategori sedang dengan frekuensi 30 peserta didik atau 65,2%, sebanyak 9 peserta didik atau 19,6% berpendapat bahwa kompetensi profeional guru bahasa Arab termasuk dalam kategori rendah, dan 5 peserta didik atau 15,2% berpendapat kompetensi profeional guru bahasa Arab termasuk dalam kategori tinggi. Motivasi belajar bahasa Arab peserta didik di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau berada pada kategori sedang dengan frekuensi 28 orang atau 60,9% , sebanyak 9 orang berada pada kategori rendah atau 19,6 dan sebanyak 9 orang berada pada kategori tinggi atau 19,6%. kompetensi profesional guru berpengaruh positif dan berkontribusi sebesar 38,1% terhadap motivasi belajar bahasa Arab peserta didik di MAS PP. Hasanatul Barokah Rokan Hulu-Riau. Kata Kunci : Kompetensi profesional guru, motivasi belajar siswa,
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79311 |
Actions (login required)
View Item |