Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI FERMENTABILITAS RUMEN SECARA IN VITRO TERHADAP PENGGUNAAN SIRUP KOMERSIAL AFKIR SEBAGAI SUMBER GLUKOSA PADA PEMBUATAN SILASE KALOPO (Calopogonium mucunoides)

JUNDI MUHTADIBILAH, - (2024) EVALUASI FERMENTABILITAS RUMEN SECARA IN VITRO TERHADAP PENGGUNAAN SIRUP KOMERSIAL AFKIR SEBAGAI SUMBER GLUKOSA PADA PEMBUATAN SILASE KALOPO (Calopogonium mucunoides). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

EVALUASI FERMENTABILITAS RUMEN SECARA IN VITRO TERHADAP PENGGUNAAN SIRUP KOMERSIAL AFKIR SEBAGAI SUMBER GLUKOSA PADA PEMBUATAN SILASE KALOPO (Calopogonium mucunoides) Jundi Muhtadibilah (11980112664) Di bawah bimbingan Sadarman dan Yendraliza INTISARI Fermentabilitas rumen adalah kemampuan mikroorganisme dalam rumen sapi untuk mencerna dan menguraikan bahan pakan, seperti silase kalopo (Calopogonium mucunoides) yang diperkaya dengan sirup afkir. Proses ini melibatkan aktivitas mikroba dalam rumen yang menghasilkan senyawa-senyawa, terutama volatile fatty acids (VFA), sebagai produk akhir dari pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sirup komersial afkir terhadap fermentabilitas rumen secara in vitro. Pembuatan dan pemanenan telah dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru. Pengeringan, penepungan, dan uji in vitro telah dilakukan di Laboratorium Ternak Perah, IPB University. Metode penelitian ini adalah eksperimen yang mengaplikasikan Rancangan Acak Lengkap terdiri atas 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan dimaksud adalah penggunaan sirup afkir dalam pembuatan silase kalopo, rincian perlakuan sebagai berikut P1: 525 g Kalopo (kontrol), P2, P3, P4, dan P5 masing-masing ditambahkan sirup komersial afkir sebanyak 2,50; 5; 7,50, dan 10% BK. Parameter yang diukur adalah pH, konsentrasi amonia, dan konsentrasi total VFA rumen secara in vitro. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan analisis ragam, perbedaan nilai parameter antar perlakuan diuji lanjut dengan DMRT taraf 5%. Hasil analiss ragam menunjukkan penambahan sirup komersial afkir memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap pH, konsentrasi amonia, dan konsentrasi total VFA rumen pascainkubasi silase kalopo. Hasil uji in vitro, pH cairan rumen menurun dari 6,92 (P1) menjadi 6,81 (P5), sementara konsentrasi amonia meningkat dari 8,64 mM (P1) menjadi 13,8 mM (P5), dan total konsentrasi VFA meningkat dari 80,5 mM (P1) menjadi 141 mM (P5). Perlakuan terbaik dalam penelitian ini adalah P4 yang menggunakan 7,50% SKA BK untuk ensilase kalopo, menghasilkan nilai pH sekitar 6,83, konsentrasi amonia sekitar 12 mM, dan total VFA sekitar 128 mM dalam uji cairan rumen in vitro. Kesimpulan dari penelitian ini sirup afkir dapat digunakan sebanyak 7,50% untuk membuat silase kalopo dilihat dari produk fermentabilitas rumen secara in vitro mencakup pH, konsentrasi amonia, dan konsentrasi total VFA. Kata kunci: Fermentabilitas, kalopo, silase, sirup komersial afkir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSADARMAN, -2005127501sadarman@uin-suska.ac.id
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:35
Last Modified: 05 Jun 2024 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79134

Actions (login required)

View Item View Item