Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF TEXT – TO – SPEECH SOFTWARE ON IMPROVING STUDENTS’ LISTENING SKILL

NOVIA NURHAMIDAH, - (2024) THE EFFECT OF TEXT – TO – SPEECH SOFTWARE ON IMPROVING STUDENTS’ LISTENING SKILL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
THESIS NOVIA NURHAMIDAH.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

ABSTRAK Novia Nurhamidah (2024) : "Pengaruh Perangkat Lunak Text-To-Speech terhadap Peningkatan Kemampuan Menyimak Siswa." Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dialami siswa dalam menyimak, seperti kesulitan mengidentifikasi tujuan komunikatif dari materi yang disimak, kesulitan menemukan ide utama dalam materi yang disimak, dan tidak dapat memahami penutur asli yang berbicara dengan kecepatan normal. Rendahnya performa mereka dalam menyimak disebabkan oleh malasnya mereka berlatih mandiri dan kurangnya informasi mengenai cara menemukan ide utama, mengidentifikasi detail pendukung, dan kurangnya kosakata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keterampilan menyimak siswa yang diajar tanpa dan dengan menggunakan perangkat lunak Text-To-Speech, untuk menyelidiki apakah ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak siswa yang diajar dengan dan tanpa menggunakan perangkat lunak Text-To-Speech kelas sepuluh di MA Muhammadiyah Pekanbaru. Dalam penelitian kuasi - eksperimen ini, peneliti menerapkan cluster sampling. Penulis menggunakan dua kelompok pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari 40 siswa. Dimana kelas X 1 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 20 siswa, dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol terdiri dari 20 siswa. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus Independent sample T-test dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menyimak siswa yang diajar dengan menggunakan dan tanpa menggunakan perangkat lunak Text-To-Speech, dimana Sig (2-tailed) 0.002 lebih kecil dari 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDODI SETTIAWAN2001028503dodi.settiawan@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:49
Last Modified: 04 Jun 2024 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/79100

Actions (login required)

View Item View Item