Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI PERBANDINGAN ANTARA PRESTASI SISWA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN SISTEM LURING DAN DARING PASCA COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH PONDOK AL-ISHLAH KAMPAR

THARIQ AHDUL WADUD, - (2024) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PRESTASI SISWA PELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN SISTEM LURING DAN DARING PASCA COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH PONDOK AL-ISHLAH KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TESIS THARIQ ABDUL WADUD.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Thariq Ahdul Wadud (2024): Studi Perbandingan Antara Prestasi Siswa Pelajaran Bahasa Arab Dengan Sistem Luring Dan Daring Pasca Covid-19 Di Madrasah Aliyah Pondok Al-Ishlah Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbandingan hasil pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring ditinjau dari hasil belajar mata pelajaran bahasa arab (pada siswa kelas X) Madrasah Aliyah Ishlah tahun pelajaran 2023/2024. Pada penelitian ini variabel X1 nya terdiri dari Model tatap muka, variabel X2 yaitu model pembelajaran daring sedangkan variabel Y terdiri dari hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis komparatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini ialah sebesar 24 orang siswa dan sampel yang digunakan ialah seluruh populasi (24 orang siswa) kelas X Madrasah Aliyah Ishlah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk analisis uji hipotesis ialah uji t sampel berpasangan. Deskriptif dan uji normalitas dan homogenistas yang digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran bahasa arab antara model pembelajaran tatap muka dengan model pembelajaran daring siswa kelas X Madrasah Aliyah Ishlah. tahun pelajaran 2023/2024 dimana hasil hitung thitung diperoleh sebesar 7.70 dan ttabel diperoleh sebesar 1,71 dengan taraf signifikansi 0,05 sehinga thitung>ttabel. Adapun nilai rata-rata nilai mata pelajaran bahasa arab dengan model pembelajaran tatap muka diperoleh ( ) = 73,84 dan hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Ishlah dengan menggunakan model daring rata-ratanya ( ) = 70,16. berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi saran bagi guru bahasa arab untuk selalu melakukan evluasi disetiap kegiatan proses pembelajaran. kata kunci : Perbandingan, Belajar offline, Belajar online, Virus korona.

Item Type: Thesis (Thesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAGUSTIAR, -UNSPECIFIEDagustiar_abbas@yahoo.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:07
Last Modified: 03 Jun 2024 04:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78984

Actions (login required)

View Item View Item