ULLIA DEWI, - (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGENAL ISIM MUDZAKKAR DAN ISIM MUANNAS BAGI SISWA KELAS III SD IT-TAHFIZH AL-FATIH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI ULLIA DEWI.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
Abstract
Abstrak Ullia Dewi, (2024): Efektivitas Penggunaan Media Card Sort untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mengenal Isim Mudzakkar dan Isim Muannas Bagi Siswa Kelas III SD IT-Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mengenal Isim Mudzakkar dan Isim Muannas bagi Siswa Kelas III SD ITTahfizh Al-Fatih Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penlitian ini adalah “Apakah penggunaan media card sort efektif untuk hasil belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru”?. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Terpadu Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru yang berjumlah 314 siswa. Dengan sampel siswa III C sebagai kelas eksperimen dan III D sebagai kelas control yang berjumlah 33 siswa. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Arab dan siswa kelas III SD Islam Terpadu Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah Efektivitas Penggunaan Media Card Short terhadap Hasil Belajar Siswa mengenal Isim Mudzakkar dan Isim Muannas bagi Siswa Kelas III SD IT-Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari Observasi, Tes dan Dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas Penggunaan Media Card Sort untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mengenal Isim Mudzakkar dan Isim Muannas bagi siswa kelas III Sd IT-Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media card short dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Terpadu Tahfizh Al-Fatih Pekanbaru, dengan nilai pretest dan posttest dengan memperoleh Sig = 0,002, t hitung = 3.451, df = n – k = 33 – 2 = 31 dengan harga titik t tabel sig 5% = 1.695, Sehingga diperoleh t hitung > t tabel atau 3.451> 1,695. Atau 0,002 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa Penggunaan media card sort efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas tiga dalam pemahaman isim mudzakkar dan isim muannas di SD Islam Terpadu Tahfidz Al-Fatih pekanbaru. Kata Kunci: Efektivitas, Media Card Sort, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 400 Bahasa 000 Karya Umum |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 07:00 | ||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 07:01 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78978 |
Actions (login required)
View Item |