Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING FLIPPED CLASSROOM STRATEGY ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY IN EIGHTH GRADE AT MTs AL-MA’ARIF

NANDA INAYAH AGUSTIARA, - (2024) THE EFFECT OF USING FLIPPED CLASSROOM STRATEGY ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY IN EIGHTH GRADE AT MTs AL-MA’ARIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NANDA INAYAH AGUSTIARA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

ABSTRAK Nanda Inayah Agustiara, (2024): Pengaruh Penggunaan Strategi Flipped Classroom terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII di MTs Al-Ma'arif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Flipped Classroom terhadap kemampuan berbicara siswa kelas delapan di MTs Al-Ma'arif. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas delapan MTs Al-Ma'arif, pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 37 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 37 siswa. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes lisan yang terdiri dari pre-test dan post-test. Analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa penerapan Strategi Flipped Classroom merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran berbicara. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test melalui SPSS 25 dan rumus Cohen's d. Hasil dari independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa, dan effect size sebesar 1.81 dengan presentase 96%. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII yang diajar dengan menggunakan dan tanpa menggunakan Strategi Flipped Classroom di MTs Al-Ma'arif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRIZKI AMELIA, -2020088302rizki.amelia@uin-suska.ac.id
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:14
Last Modified: 03 Jun 2024 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78928

Actions (login required)

View Item View Item