Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FENOMENA GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG SEBAGAI GAMING TRENDSETTER DI KALANGAN SISWA KELAS XI MAN 2 PEKANBARU

BIMA BRAYUDA ALZI, - (2024) FENOMENA GAME MOBILE LEGENDS: BANG BANG SEBAGAI GAMING TRENDSETTER DI KALANGAN SISWA KELAS XI MAN 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Bima Brayuda Alzi Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Fenomena Game Mobile Legends: Bang Bang Sebagai Gaming Trendsetter Di Kalangan Siswa Kelas XI MAN 2 Pekanbaru Fenomena Game Mobile Legends dinikmati oleh semua kalangan, hal tersebut terlihat pada beberapa sekolah menengah atas di Pekanbaru. Para siswa cenderung menyenangi game ini dalam mengisi waktu luang sewaktu sekolah, hal itu terjadi karena game ini mengandung nilai komunikasi interpersonal para siswa, menyalurkan hobi serta mengikuti tren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Fenomena Game Mobile Legends sebagai Gaming Trendsetter di kalangan Siswa kelas XI MAN 2 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan teori fenomenologi. Penelitian ini diperoleh melalui 3 teknik pengumpulan data, yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi seseorang memainkan Game Mobile Legends, diantaranya karena banyak-nya orang-orang di sekitar juga memainkan Game Mobile Legends tersebut. Seseorang melihat di lingkungan sekitar-nya banyak yang memainkan Game Mobile Legends, hal itu membuat seseorang tertarik dan ikut memainkan-nya. Faktor lain yaitu game Mobile Legends sebagai penghibur bagi yang memainkan. Seseorang yang sedang bosan atau jenuh dengan memainkan game ini mampu menjadi alat/media untuk menghibur diri. Faktor lain lagi bahwa seseorang gemar bermain Game Mobile Legends karena game tersebut bergenre strategi. Game yang bersifat strategi dapat mengasah kecerdasan seseorang, kemampuan, kreatifitas dan sportifitas seseorang sehingga bisa menjadi ajang pengembangan diri. Game Mobile Legends juga dapat menciptakan komunikasi interpersonal antar siswa, karena siswa mendapatkan respon positif saat berinteraksi selama bermain game, hal itu membuat informan menjadi lebih solid dengan teman-teman dan menjadi lebih akrab, interaksi positif yang dilakukan selama bermain game Mobile Legends dapat menjadikan informan mengenal satu sama lainnya, namun ada juga informan yang mendapat respon negatif saat berinteraksi sewaktu bermain Game Mobile Legends. Kata Kunci: Fenomena, Game Mobile Legends, Trendsetter, Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorATJIH SUKAESIH, -2018116901,asyahra@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:14
Last Modified: 03 Jun 2024 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78921

Actions (login required)

View Item View Item