Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA SMAN 2 TAMBANG

WARSINTA, - (2024) PENGARUH METODE KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA SMAN 2 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLTIIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

WARSINTA (2024) : PENGARUH METODE KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA SMAN 2 TAMBANG Berhasil atau tidaknya proses pembelajaran tergantung pada metode yang digunakan. Metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa agar siswa dapat memahami pembelajaran yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMAN 2 Tambang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperimen).Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan uji prasyarat analisis data yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis ( independent sampel test). Berdasarkan hasil pengamatan saat penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional adalah 72,75 dengan kategori cukup rendah dan nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan metode konstruktivisme adalah 77,28 dengan kategori cukup tinggi. Penerapan metode konstruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa SMAN 2 Tambang. Hal ini dibuktikan bahwa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorVERA SARDILA, -2015027401VeraSardila@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 May 2024 14:19
Last Modified: 28 May 2024 14:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78886

Actions (login required)

View Item View Item