RADEN NOR MASITAH BINTI RADEN SUMARTO, - (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Raden Nor Masitah RS, (2024): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis. Jenis penelitain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang terdiri dari kelas XII IPA 1 dan XII IPA 5 dengan jumlah 39 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) data nilai pretest motivasi belajar untuk nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,029 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 2,272 > 2,026 dan data nilai posttest motivasi belajar untuk nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3,356 > 2,026, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima, maka terdapat pengaruh secara parsial pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis. 2) data nilai pretest hasil belajar untuk nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 3,613 > 2,026 dan data nilai posttest hasil belajar untuk nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 4,873 > 2,026, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji Independent Sample T-Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima, maka terdapat pengaruh secara parsial pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bengkalis. Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | pps - | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78868 |
Actions (login required)
View Item |