Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH 2 PADA MAHASISWA SEMESTER 2 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUSKA RIAU

M.ATHIYAH AL MARWANI, - (2024) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH 2 PADA MAHASISWA SEMESTER 2 JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. ATHIYAH AL-MARWANI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

ABSTRAK M.Athiyah Al Marwani،(2024) : “Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Pembelajaran Qira’ah 2 Pada Mahasiswa Semester 2 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN SUSKA RIAU” Penelitian ini didasari oleh adanya permasalahan terkait rendahnya kemampuan mahasiswa dalam melafalkan huruf, kata, atau kalimat dalam Bahasa Arab terutama bagi pelajar pemula agar selanjutnya tidak terjadi kesalahan yang akan menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam keterampilam membaca teks bahasa arab yang dilihat dari segi fonologi serta faktor yang melatar belakangi terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, kesalahan yang banyak dilakukan mahasiswa pada kesalahan fonetik sebanyak 47 kesalahan jika dipersentasekan kesalahannya sebesar 25,26%, dan fonemik sebanyak 20 kesalahan jika dipersentasekan kesalahannya lebih sedikit sebesar 10,75%. Kedua,bentukbentuk kesalahan fonetik dan fonemik yang terjadi seperti; (a) kesalahan perubahan fonem, (b) kesalahan pengurangan fonem, (c) Kesalahan penambahan fonem, (d) Kesalahan Vokal seperti kesalahan pergantian vokal, kesalahan vokal panjang dan pendek, (e) Kesalahan konsonan rangkap seperti penambahan dan pengurangan tasydid. Ketiga, Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan fonologi dalam pembelajaran qiro’ah tersebut diantaranya faktor linguistik seperti kurangnya dalam mempelajari sifat-sifat huruf-huruf hijaiyah dan faktor non linguistic, seperti kurangnya dalam melatih dan membiasakan diri membaca teks bahasa arab, kurangnya rasa percaya diri, faktor fisiologis adanya kelainan fisik, kurangnya lingkungan untuk meningkatkan Kemahiran Qiroah, dan latarbelakang pendidikan yang bukan dari lulusan pesantren, dan faktor pengajar yang kurang dalam menekankan pengucapan huruf hijaiyah yang salah serta kurangnya perhatian terhadap anak anak yang bukan dari lulusan pesantren. Kata Kunci : Kesalahan Fonologi, Membaca, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Rusdi, MA, -2060606601rusdiibrahim23@gmail.com
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:05
Last Modified: 03 Jun 2024 04:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78853

Actions (login required)

View Item View Item