Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DUMAI

DWI RIZKI WULANDARI, - (2024) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DUMAI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV DWI RIZKI WULANDARI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV DWI RIZKI WULANDARI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Rizki Wulandari, (2023):Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dumai Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dumai (2) Faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dumai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama dalam penelitian adalah 2 orang guru bimbingan konseling sedangkan informan pendukungnya 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Dumai yaitu: membuat program layanan bimbingan konseling dengan memanggil langsung siswa yang bersangkutan dan memberikan peringatan awal kepada siswa tersebut serta bekerja sama dengan berbagai pihak guru dan sekolah. (2) Faktor yang mempengaruhi guru bimbingan dan konseling dalam mengingkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Dumai ada 2 faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. (a) Faktor pendukung, yaitu: (i) Kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan wali kelas, (ii) Kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan orang tua, (iii) Kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan siswa. (b) Faktor penghambatan, yaitu: (i) Jarak kunjungan rumah siswa dengan sekolah terbilang jauh, (ii) Kurangnya keperdulian orang tua terhadap siswa, (iii) Kurangnya kesadaran diri dari siswa itu sendiri dalam menjalankan sosialisasi peraturan dan sanksi yang berlaku di sekolah. Kata kunci: Strategi Guru Bimbingan Konseling dan Meningkatkan Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUHERTINA2011076201UNSPECIFIED
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 May 2024 01:54
Last Modified: 22 May 2024 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78821

Actions (login required)

View Item View Item