R. NUR AHADIYAH, - (2024) STRATEGI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV R. NUR AHADIYAH.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV R. NUR AHADIYAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
Abstract
ABSTRAK R.Nur Ahadiyah, (2023): Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Pekanbaru Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Karakter disiplin siswa di SMK Negeri 1 Pekanbaru, 2) Faktor yang mempengaruhi karakter disiplin siswa di SMK Negeri 1 Pekanbaru, 3)Strategi guru BK dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMK Negeri 1 Pekanbaru, 4) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru BK dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMK Negeri 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitin di SMK Negeri 1 Pekanbaru. Informan utama yaitu 4 orang guru BK, serta informan pendukung 4 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter disiplin sangatlah penting, jika siswa tidak mempunyai karakter disiplin maka program yang sudah dirancang sekolah dalam melaksanakan tujuan pendidikan tidak akan terlaksana. 2) Budaya dan tingkat pendidikan orang tuanya akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak. 3)Strategi guru BK dalam membentuk karakter disiplin siswa adalah dengan melakukan pendekatan nilai melalui keteladanan serta memberikan bimbingan kepada siswa dan mengarahkan siswa untuk mengikuti peraturan sekolah maupun peraturan yang telah disepakati, kerja sama yang harus dilakukan guru BK dengan menggunakan metode peraturan sebagai strategi untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa, menerapkan layanan informasi, peraturan dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis. 2) Faktor pendukung strategi guru BK seperti sarana dan prasarana, koordinasi dari guru BK dan para personil sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya kesadaran diri siswa dan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan disiplin siswa. Kata Kunci: Strategi Guru BK, Membentuk Karakter Disiplin Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | ftk - | ||||||||
Date Deposited: | 17 May 2024 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 17 May 2024 07:13 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78729 |
Actions (login required)
View Item |