Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM KABUPATEN ROKAN HILIR

IMRAN RIDO, - (2024) PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI ISLAM KABUPATEN ROKAN HILIR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI IMRAN RIDO.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

ABSTRAK Imran Rido (2024):Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir Pendidikan memegang peranan penting dalam menjamin kelangsungan hidup suatu negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualsas sumber daya manusia. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana Konsep Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir?; 2) Apasajakah Muatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam bingkai Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir?; 3) Bagaiman Penerapan Nilai- Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir. Adapun Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk Mengetahui Konsep Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir?; 2) Untuk mengetahui Apasajakah Muatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam bingkai Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir?; 3) Untuk mengetahui Bagaiman Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini jika dilihat dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilaksanakan di Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data adalah upaya yang dilakukan dengan jalan l) reduksi data (data reduction), 2) penyajian data (data displays dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/veriffication). Adapun Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa Konsep Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir. Moderasi adalah mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan, moral, dan watak, baik ketika memperlakukan orang lain sebagai individu, maupun ketika berhadapan dengan institusi negara. lawan kata moderasi adalah berlebiha. Moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengamalan agama sendiri (eksklusif) dan penghormatan kepada praktik beragama orang lain yang berbeda keyakinan (inklusif). Muatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam bingkai Moderasi Beragama Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir, diantaranya adalah: 1) Kedamaian, 2) Penghargaan, 3) Cinta, 4) Toleransi, 5) Kejujuran. Penerapan Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir, Menjalin komunikasi dengan baik terhadap dosen juga mahasiswa adalah upaya yang dilakukan oleh Rektor/Ketua dan Dosen dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Kabupaten Rokan Hilir. Mensinergikan program pembelajaran dengan kegiatan di luar pembelajaran. Kebijakan Preventif terhadap masuknya paham ekstrim. Kata kunci :Nilai-Nilai, Moderasi Beragama, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Perguruan Tinggi Islam

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Ilyas Husti, MA, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorDr. Hj. Zaitun, M.Ag, -2010057201zaitun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 May 2024 08:00
Last Modified: 14 May 2024 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78626

Actions (login required)

View Item View Item