Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH SEPARUH MASA DI SINGAPURA

MOHAIMIN BIN TOKYAN, - (2024) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH SEPARUH MASA DI SINGAPURA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI MOHAIMIN BIN TOKYAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Model Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Separuh Masa di Singapura Mohaimin bin Tokyan Penelitian ini bertujuan melakarkan sebuah model yang diharap bisa membantu ke arah peningkatan pengajaran dan pembelajaran Al-qur’an di madrasah separuh masa di Singapura. Pendidikan Agama Islam di madrasah separuh masa yang identik dengan madrasah diniyah di Indonesia, merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan umat Islam di Singapura. Pembelajaran Al-qur’an di madrasah separuh masa, merupakan salah satu cabang ilmu utama yang dipelajari untuk bekalan di akhirat kelak. Setelah sekian lama institusi madrasah separuh masa berjalan dan menerapkan pembelajaran Al-qur’an dari peringkat anak-anak hingga remaja, namun prestasi siswa yang baik atau cemerlang dalam pembelajaran Al-qur’an masih rendah dari sudut minat, kemampuan menguasai dan ketrampilan membaca dengan baik dan benar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kajian pustaka. Jenis penelitiannya pula adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan meninjau kaedah pengajaran dan pembelajaran dari berbagai sudut yang diamalkan di dalam dan luar negara yang dapat diadaptasi sehingga menjadi sebuah model pembelajaran efektif dan efisien yang mampu menggali potensi siswa dalam pembelajaran Al-qur’an dan meningkatkan kualitas pembelajaran Al-qur’an. Hasil Penelitian menunjukkan model ini mampu melahirkan generasi pelapis yang minat, terampil serta mahir membaca Al-qur’an dengan baik dan benar. Katakunci: Madrasah separuh masa, Pembelajaran, Al-qur’an, Perencanaan, Peningkatan, Model pembelajaran

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Ilyas Husti, MA, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorDr. Alwizar, M.Ag, -2022047001alwizar@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 May 2024 07:55
Last Modified: 14 May 2024 07:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78624

Actions (login required)

View Item View Item