Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG

Nur Apri Liana, - (2024) PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 028 RIMBO PANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku melalui penerapan metode gallery walk di kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis diantara gejalanya siswa kurang mampu menyatakan pendapatnya dengan menggunakan alasan yang logis terkait materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang mau bertanya mengenai materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan HOTS dan memberikan argumentasinya dengan baik pada saat penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran gallery walk dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan hanya mencapai 58,39 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan data pada siklus I kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan ratarata 66,96. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan rata-rata 78,57. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode gallery walk pada mata pelajaran IPAS materi cerita tentang daerahku dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas IV SDN 028 Rimbo Panjang. Kata Kunci: Metode Gallery Walk, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Mimi Haryani, M.Pd., -2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 May 2024 03:31
Last Modified: 13 May 2024 03:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78594

Actions (login required)

View Item View Item