Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA

NAHRIM AJMAIN, - (2024) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
DISERTASI NAHRIM AJMAIN.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nahrim Ajmain (2023):Konsep Pendidikan Karakter dalam Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Pendidikan karakter merupakan salah satu tangungjawab utama satuan pendidikan hari ini, yang realitanya masih menyedihkan. Melalui judul ini, penulis bermaksud melakukan penelitian terhadap konsep pendidikan karakter dalam Tafsir al-Azhar karya Buya Hamka dengan mengkaji 1. Apakah terminilogi yang digunakan untuk pendidikan karakter 2. Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Buya Hamka dalam kitab Tafsir Al-Azhar. 3. Bagaimana relevansi pendidikan karakter dalam perspektif Buya Hamka terhadap pendidikan Nasional saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian Library Research dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dalam menggali serta menganalisis konsep pendidikan karakter menurut Buya Hamka berdasrkan sumber primer dan sekunder. Temuan dalam disertasi ini, antara lain mengungkapkan;1. Ada beberapa term yang digunakan untuk pendidikan karakter yaitu Tarbiyah al- Aulād, Tarbiyah al-Sulukiyah al-‘Amaliyah, Tarbiyah al-Fitriah al-Ghariziah, Tahzib al-Akhlak, Pendidikan Moral dan Pendidikan Budi Pekerti 2. Buya Hamka mengedepankan term tarbiyah untuk Pendidikan karaktar yaitu upaya mengembangkan potensi-potensi pada fitrah manusia berlandaskan nilai-nilai ilahiyah yang dirumuskan menjadi nilai-nilai universal untuk segala aktivitas manusia sebagai makhluk individu maupun social dan lebih sering menggunakan term pendidikan akhlak dan budi pekerti, 3. Konsep pendidikan karakter dalam tafsir al-Azhar karya Buya Hamka relevan dengan pendidikan nasional saat ini. Yaitu keduanya berupaya mewujudkan manusia seutuhnya, yang beriman, berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Relevansinya dapat dilihat pada 6 nilai karakter yang dicanangkan pemerintah berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2020 tentang 6 profil karakter pelajar Pancasila. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Tafsir, Relevansi

Item Type: Thesis (Disertasi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorProf. Dr. H. Ilyas Husti, MA, -2030126101ilyashusti.pps@gmail.com
Thesis advisorDr. Zamsiswaya, M.Ag, -2021017002drzamsiswaya@gmail.com
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 08 May 2024 07:15
Last Modified: 08 May 2024 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78577

Actions (login required)

View Item View Item