Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AZIZIYYAH PEKANBARU

FITRI FAJHREZA, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDIT AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI FAJHREZA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)

Abstract

ABSTRAK Fitri Fajhreza, (2024): Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitin tidakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 13,63% siswa berada pada kategori kemampuan pemecahan masalah baik, terdapat 4 siswa atau 18,18% pada kategori cukup, terdapat 9 siswa atau 40,90% pada kategori kurang, dan terdapat 6 siswa atau 27,27% pada kategori sangat kurang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan yaitu 46,87. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada siklus I, kemampuan pemecahan masalah meningkat dimana 18,18% siswa berada pada kategori sangat baik , 40,90% siswa berada pada kategori baik, 13,63% siswa berada pada kategori cukup, 27,27% siswa berada pada kategori kurang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I 68,18. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 31,81% siswa berada pada kategori kemampuan pemecahan masalah sangat baik, terdapat 45,45% siswa berda pada kaategori baik, 18,18% siswa pada kategori kurang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus II yaitu 76,70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pelajaran matematika kelas IV SDIT Aziziyyah Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr.Mimi Hariyani,M.Pd, -2013058501Mimi-PGMI@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 May 2024 14:51
Last Modified: 07 May 2024 14:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78554

Actions (login required)

View Item View Item