Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU

Novita Sari, - (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOVITA SARI 12010821417 PGMI.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text
bab iv novita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Novita Sari (2024): Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA Kelas V di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa pada muatan pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran snowball throwing di kelas V MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 36 siswa kelas V MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran snowball throwing dan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan bertanya siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran persentase keterampilan bertanya siswa hanya mencapai 32,29%, dengan kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keterampilan bertanya siswa mencapai 34,37% dengan kategori cukup. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan lagi pada siklus II keterampilan bertanya siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 71,70% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada muatan pembelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V di MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Kata kunci: Model Snowball Throwing, Keterampilan Bertanya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Hj. Mardia Hayati, M.Ag, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 May 2024 08:50
Last Modified: 07 May 2024 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78525

Actions (login required)

View Item View Item