ARI PAUZI, - (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BUMDES DALAM SOSIALISASI PROGRAM SIMPAN PINJAM UNTUK MEMBANTU PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA PINANG SEBATANG BARAT KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : ARI PAUZI NIM : 12040317011 Prodi : Ilmu Komunikasi Judul : Strategi Komunikasi BUMDes Dalam Sosialisasi Program Simpan Pinjam Untuk Membantu Perekonomian Masyarakat Desa Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Strategi komunikasi merupakan faktor penting untuk menentukan keberhasilan sebuah program yang dibuat untuk masyarakat. Tanpa adanya perencanaan strategi komunikasi yang efektif sulit bagi sebuah program yang dibuat dapat mencapai sasaran atau masyarakat. Simpan Pinjam adalah program yang dibuat oleh BUMDes Tuah Negeri untuk membantu ekonomi masyarakat. Supaya program Simpan Pinjam dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, maka diperlukan strategi komunikasi dalam mensosialisasikan program ini. maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi BUMDes Dalam Sosialisasi Program Simpan Pinjam Untuk Membantu Perekonomian Masyarakat Desa Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.” Maka dari itu tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana startegi komunikasi BUMDes Tuah Negeri dalam sosialisasi program Simpan Pinjam untuk membantu ekonomi masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif serta pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi komunikasi menurut Laswell terdiri dari komunikator, pesan, media, komunikan dan efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikator utama dalam sosialisasi program ialah Direktur BUMDes dan jajarannya. Isi pesan dibuat menarik dengan menampilkan keuntungan dan manfaat menjadi nasabah. Media sosialisasi program ialah dengan komunikasi secara langsung (tatap muka), media cetak dan media sosial. Sementara itu target sasaran sosialisasi ialah masyarakat desa yang memenuhi kriteria. Dampak dari kegiatan sosialisasi terjadinya peningkatan jumlah nasabah dan omzet tahunan BUMDes Tuah Negeri yang semakin besar. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, BUMDes, Sosialisasi, Simpan Pinjam
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
Depositing User: | fdk - | ||||||||
Date Deposited: | 07 May 2024 02:39 | ||||||||
Last Modified: | 07 May 2024 02:39 | ||||||||
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78523 |
Actions (login required)
View Item |