Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 172 PEKANBARU

Zakia Mawaddaturohmah, - (2024) PENERAPAN MODEL INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS V SD NEGERI 172 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ZAKIA MAWADDATUROHMAH 2024 FIX REVISI(Autosaved) (1).pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB IV ZAKIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

ABSTRAK Zakia Mawaddaturohmah (2024): Penerapan Model Index Card Match untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 172 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan model index card match di kelas V SD Negeri 172 pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan 25 siswa kelas V SD Negeri 172 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah model index card match dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari grafik peningkatannya dari sebelum tindakan perbaikan hingga tindakan perbaikan pada siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran persentase keterampilan keaktifan belajar siswa hanya mencapai 47,43%, dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 59,81% dengan kategori kurang. Begitu pula ketika dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II keterampilan kerja sama siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 76,95% dengan kategori cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model index card match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 172 Pekanbaru. Kata kunci: Model Index Card Match, Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. Hj. Mardia Hayati, M.Ag, -2015107201mardia.hayati@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 May 2024 02:54
Last Modified: 07 May 2024 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78522

Actions (login required)

View Item View Item