Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIFITAS METODE DRILL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU.

UMI KHOLIFATUL ZANUH, - (2024) EFEKTIFITAS METODE DRILL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UMI KHOLIFATUL JANNAH.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Umi Kholifatul Zanuh,(2024) :Efektifitas Metode Drill dengan Menggunakan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode drill dengan menggunakan strategi index card match untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ apakah metode drill menggunakan strategi index card match efektif untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru?”. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru, dengan sampel siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah guru Bahasa arab dan seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Objek penelitian adalah efektifitas metode drill dengan menggunakan strategi index card match untuk meningkatkan penguasaan mufrodat pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari observasi, tes dan dokumentasi. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode drill dengan menggunakan strategi index card match efektif terhadap peningkatan penguasaan mufrodat pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Karena hasil pengujian dimensional siswa menunjukkan bahwa dengan nilai hitung T terhitung 5.964 pada DF sebesar 36,920 dan nilai signifikansi 0,533 lebih besar dari nilai taraf signifikansi 5% (0,533>0,05) Selain itu, kelas eksperimen yang menggunakan metode Drill memperoleh rata-rata sebesar 85,29. Jadi, Ha diterima dan Ho ditolak. Karena itu, Sehingga penerapan metode Drill menggunakan menggunakan index card match memiliki pengaruh yang kuat untuk penguasaan kosakata pada siswa kelas VIII MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Efektifitas, Metode Drill, Strategi Index Card Match, Penguasaan Mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASMIATI, S.Pd.I., MA, -2005047801kasmiati@uin-suska.c.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 06 May 2024 15:38
Last Modified: 06 May 2024 15:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78515

Actions (login required)

View Item View Item