Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PEKANBARU

ANGGI ANGGRAINI, - (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAPPING TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Anggi Anggraini,(2024): Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 4 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan konsentrasi belajar peserta didik antara penerapan metode mind mapping dengan metode ceramah pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 4 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 420 peserta didik. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 67 peserta didik, terdiri dari 30 peserta didik kelas eksperimen dan 37 peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan kemampuan rata-rata kelas mendekati sama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes “t” (independent-samples t test). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan konsentrasi belajar peserta didik antara penerapan metode mind mapping dengan metode ceramah pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 4 Pekanbaru dengan thitung > ttabel (3,332 > 1,668) sementara itu nilai sig. 2- tailed 0.024 < 0.05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDr. IDRIS, M.Ed, -2004057601idrisharun@uin-suska.ac.id
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 02 May 2024 04:58
Last Modified: 02 May 2024 04:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78395

Actions (login required)

View Item View Item