Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kaidah Tajwid dan Pengaruhnya Terhadap maqoshid Al-Qur'an (Studi Penerapan Mad dan Makhorijul Huruf dalam Surah Surah Pilihan)

NURHAFIZAH, - (2024) Kaidah Tajwid dan Pengaruhnya Terhadap maqoshid Al-Qur'an (Studi Penerapan Mad dan Makhorijul Huruf dalam Surah Surah Pilihan). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul "Kaidah Tajwid dan Pengaruhnya Terhadap maqoshid Al-Qur'an (Studi Penerapan Mad dan Makhorijul Huruf dalam Surah Surah Pilihan)". Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kaidah tajwid, yang mana didalam mad dan makhorijul huruf dianggap sebagai topik penting dalam kaidah tajwid karena mampu mengubah makna dan maqoshid ketika terjadi lahn dalam membaca al-Qur'an. Hal ini sering terjadi di kalangan masyarakat ketika membaca al-Qur'an akan tetapi melanggar kaidah tajwid. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penafsiran dalam surat-surat pilihan serta dampak kesalahan dalam menafsirkan al-Qur'an. Bentuk penelitian ini adalah (library research) dengan pendekatan analisis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa bentuk lahn dalam penerapan mad dan makhorijul huruf, khususnya pada surah al-Baqarah ayat 2, surah at-Tin, dan al-Kafirun, terdiri dari dua jenis. Pertama, lahn jali yang dapat mempengaruhi atau merubah makna ayat dan mengubah maqoshid dari kadar aslinya. Kedua, lahn khofi adalah kesalahan pada lafadz yang tidak merubah makna, namun dapat merusak kaidah tajwid. Kata kunci: pengaruh, Kaidah Tajwid, maqoshid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLukmanul Hakim, S.Ud, M.IRKH., pH.D, -2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Thesis advisorUsman, M.Ag, -20260170001usman1969@uin-suska.ac.id
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:51
Last Modified: 23 Apr 2024 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78317

Actions (login required)

View Item View Item