Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Karakteristik Wali Allah dalam Surat Yunus ayat 62-65 Perspektif Musthafa Umar (Analisis Metode Penafsiran Audiovisual)

TURINI, - (2024) Karakteristik Wali Allah dalam Surat Yunus ayat 62-65 Perspektif Musthafa Umar (Analisis Metode Penafsiran Audiovisual). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “karakteristik wali Allah dalam surat Yunus ayat 62-65 perspektif Musthafa Umar (analisis metode penafsiran audiovisual).” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian tafsir dimedia sosial, dimana dahulu untuk berdakwah harus datang dari mimbar ke mimbar namun sekarang dengan adanya sosial media semua itu menjadi lebih mudah. Maka hal ini menjadi media baru dalam kajian tafsir dengan istilah tafsir audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran dan metode penafsiran audiovisual surah Yunus ayat 62-65 tentang karakteristik wali Allah menurut Musthafa Umar. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat etnografi virtual dan kepustakaan (library research) dengan kajian di media sosial khususnya di channel youtube tafaqquh online dengan menggunakan perspektif tafsir audiovisual Musthafa Umar. Adapun hasil penelitian pertama, panafsiran dari empat ayat yaitu, makna wali Allah dan hasil yang didapatkan, cara untuk mendapatkannya, dua berita gembira yang akan didapatkan didunia dan diakhirat, serta larangan takut dan sedih dengan segala ujian dan cobaan didunia. Kedua, metode penafsiran ada tujuh yaitu, pengantar singkat, membaca ayat 62-65 secara lengkap tanpa terjemahan, setiap ayat akan di jelaskan tiga hal (penerjamahan, penjelasan dan penggabungan kosakata), menyampaikan ide pokok, munasabah ayat, penafsiran ayat, menyampaikan harapan dari ilmu yang diperoleh dalam penafsiran ayat. Kata Kunci: Karakteristik, Wali Allah, Musthafa Umar, Audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorLukmanul Hakim, S.Ud., MIRKH., Ph.D., -2002058901man89th@uin-suska.ac.id
Thesis advisorSaifullah, M.Us, -2002046602saiful0204@gmail.com
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:09
Last Modified: 23 Apr 2024 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/78316

Actions (login required)

View Item View Item